Microsoft Office Live

Microsoft Office Live Workspace beberapa waktu lalu mulai dapat digunakan tanpa perlu undangan lagi. Dulu, ketika pertama kali mendengar nama tersebut, saya mengira bahwa itu merupakan aplikasi Microsoft Office versi web, yang memungkinkan pengguna membuat dan mengolah dokumen Microsoft Office melalui web browser. Tapi dari beberapa website yang menuliskan telah menggunakannya, layanan tersebut hanyalah media penyimpanan dan berbagi aplikasi office, tidak seperti Google Docs dan Zoho yang memungkinkan langsung membuat dan mengolah apliaksi office melalui browser web.

Kemarin, ketika saya masuk dan mendaftarkan diri, saya menemui disana bukan hanya Microsoft Office Live Workspace tetapi juga ada Microsoft Office Live Small Business. Sepertinya memang Microsoft Office Live bukan hanya untuk keperluan terkait apliaksi Excel, Word, atau Powerpoint, tapi lebih dari itu disediakan aplikasi office lain terkait dengan penggunaan internet, seperti halnya Google dengan Google Apps-nya.

Microsoft Office Live Workspace

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, ini hanyalah layanan penyimpanan dokumen Microsoft Office dan file-file lainnya agar mudah diakses dari mana saja, dan dapat di-sharing ke pengguna lainnya selama terhubung dengan internet. Aplikasi yang langsung dapat dibuat ketika mengaksesnya hanya sebatas note, list, task list, contact list, dan event list. Jadi sampai saat ini masih belum memungkinkan bagi pengguna untuk membuat sebuah dokumen Microsoft Office secara online, dan untuk pembuatan dokumen ini masih harus menggunakan aplikasi Microsoft Office yang terinstall di komputer masing-masing pengguna. Untuk menjembataninya, telah disediakan plugin untuk program Microsoft Office yang memungkinkan pengguna membuka (mendownload) dokumen yang tersimpan dalam account Microsoft Office Live Workspace dan juga ketika menyimpan (mengupload) langsung dari Microsoft Office. Akses share yang diberikan kepada pengguna lainnya dapat pula berupa ijin untuk dapat mengeditnya atau hanya sebatas untuk melihat atau memberikan komentar.

Microsoft Office Live Small Business

Di sini, pengguna dapat menggunakan layanan ini untuk membuat website sederhana , penggunaan nama domain sendiri baik untuk alamat website tersebut maupun untuk alamat email yang dapat didaftarkan langsung atau menggunakan domain yang sudah kita miliki. Selain website dan email, disediakan juga fasilitas Contact Manager, Document Manager, Project manager, dan Workspaces seperti layanan khusus di atas. Fitur lain yang dapat ditambahkan antara lain E-commerce yang memungkinkan membuka website toko online, E-Mail Marketing yang memungkinkan mengirimkan newsletter ke konsumen, dan juga fitur Search Marketing.

Untuk mencoba layanan-layanan tersebut, yang diperlukan adalah mendaftarkan diri dengan menggunakan Windows Live ID.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: